Mar 16, 2017

4 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android (Update)

NGAWI DIAN – Tips Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Di Buka Mudah dan Cepat. Aplikasi atau software adalah bagian terpenting yang ada pada smartphone atupun tablet android. Ada 2 jenis aplikasi yang ada di Android yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi tambahan. Aplikasi Bawaan merupakan aplikasi yang langsung ada pada smartphone Android itu sendiri seperti Galeri, Musik Player dan lainnya. Sedangkan aplikasi tambahan yaitu aplikasi yang kita tambahkan sendiri sesuai dengan keinginan kita, seperti aplikasi seperti BBM, WhatsApp, FB Messenger, Instagram, Twitter, Path, dan lain sebagainya.

Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Di Buka

Baca Juga : 

Kenapa Aplikasi Android Saya Tidak Bisa Dibuka? Pertanyaan seperti ini sering kali hadir dari pengguna android yang sering kali mengeluhkan aplikasinya tidak bisa dibuka sama sekali. Terkadang muncul pesan seperti Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”, Unfortunately, App Has Stopped”, “Unfortunately Force Close, Not Enough Memory, atau Not Responding”. Pesan semacam itu pertanda bahwa aplikasi tersebut mengalami error sehingga tidak bisa dibuka dan tidak bisa dijalankan sama sekali.

Penyababnya bisa bermacam – macam mulai dari Cache file yang tidak pernah dihapus, memori Android penuh, atau terjadinya bugs pada aplikasi itu sendiri, dan lainnya. Sebagai penguna android yang gaptek tentunya anda pasti bingung dalam mengatasi masalah tersebut. Tapi tenang saja, karena kali ini saya akan memberikan solusi jitu yang mungkin saja bisa mengatasi permasalahan yang sedang anda hadapi.

Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Di Buka

Setiap pengguna android memiliki kerusakan aplikasi yang berbeda – beda, baik itu aplikasi bawaan atau aplikasi tambahan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa opsi yang bisa anda lakukan mulai dari menghapus cache android, mengganti dengan versi lain, hapus data aplikasi, dan menghentikan aplikasi secara paksa.

Metode 1 : Menghapus Cache Memori

Cara pertama yang paling gampang yakni dengan menghapus cache memori. Apa itu cache memori? Cache memori adalah salah satu file sementara yang apabila tidak di lakukan penghapusan secara berkala, maka lama – kelamaan akan terus menumpuk pada memori android itu sendiri. Cara menghapus cache memori yakni dengan memanfaatkan apliksi Clean Master. Aplikasi tersebut dapat menghapus cache dan file sementara lainnya hanya dengan satu klik saja. Untuk cara manualnya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Cari “Nama Aplikasi”  » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Paksa Berhenti dan Hapus Data 

Fitur Clear Data dan Force Stop ada pada semu versi OS Android. Dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi akan menjadikan aplikasi kembali pada posisi default. Dan semua data sementara pada aplikasi tersebut akan hilang seperi basis data, cache memori, bookmark, history, dan lainnya. Tenang saja, cara ini tidak menghapus aplikasi, namun hanya menghapus data aplikasi saja. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Semua » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Ganti Dengan Versi Lain

Jika sebelumnya anda menginstall aplikasi secara manual melalui file Apk, dan ternyata tidak bisa dibuka, itu artinya aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan OS Android yang anda miliki. Sebaiknya hapus aplikasi tersebut, dan ganti dengan aplikasi versi dibawahnya. Untuk menghapus aplikasi android, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Cari “Nama Aplikasi”  » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 4 : Reboot Smartphone

Matikan smartphone android, kemudian lepas baterai, SIM card, Memori Eksternal (SD Card). Diamkan kurang lebih selama 30 detik. Selanjutnya pasang dan nyalakan kembali smartphone android anda. Coba buka kembali aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dibuka. Semoga dengan metode ini, smartphone dan tablet Android anda bisa kembali normal, dan bisa digunakan untuk beraktifitas sehari – hari.

Kami dari NGAWI DIAN merasa bahwa metode yang kami berikan belum bisa di katakana berhasil 100%. Namun tidak ada salahnya untuk di coba, karena metode di atas adalah metode paling umum yang di gunakan untuk mengatasi aplikasi error, macet, bermasalah, dan lainnya. Jika ada yang kurang jelas, bisa hubungi melalui fanspage NGAWI DIAN atau langsung melalui kolom komentar

Baca Juga :

Itulah beberapa metode singkat mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Di Buka, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan yang ingin anda sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar atau chat melalui fans page facebook NGAWI DIAN. Terima kasih!!!

ARTIKEL TERKAIT :